AKREDITASI LAM-PTKes AKADEMI FARMASI DWI FARMA BUKITTINGGI

Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi adalah Akademi Farmasi pertama di Sumatera Barat yang didirikan pada tahun 2001 dengan Surat Keputusan No. 207/D/O/2001 tahun 2001 terhitung mulai tanggal 17 September 2001. Pendirian Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu-ilmu kefarmasian yang dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia

Untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi kesehatan, penjaminan mutu pendidikan tinggi sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang pendidikan tinggi nomor 12 tahun 2012 dilaksanakan secara internal melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun penjaminan mutu eksternal melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu setiap perguruan tinggi wajib melaksanakan 2 hal tersebut untuk mengawal mutu pendidikan sebagaimana yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan amanat Undang – undang nomer 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi maka dibentuklah Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia ( LAM –PTKes ), maka pada tahun ini tepatnya tanggal 7-9 April 2019,  Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi dilakukan lagi Akreditasi oleh lembaga LAMPTKes. Acara dimulai on site vicite di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi  diawali dengan peninjauan keliling ke lingkungan dan fasilitas kampus, ke ruangan dosen, ruangan Pimpinan, Ruangan BEM, ruangan kelas, ruangan UKS, ruangan laboratorium, Apotek Mini, ruangan perpustakaan, dilanjutkan dengan kajian borang dan sistem dokumentasi standar 1 sampai dengan standar 7, wawancara dengan mahasiswa, karyawan, alumni, pembimbing lahan praktek.

Sungguh itu semua adalah perjuangan yang sangat berat, mulai dari mengisi borang, melengakapi data, mendengarkan arahan dari fasilitator, tetapi semua menjadi lega dan bersyukur, karena acara dapat berjalan dengan lancar, tidak ada suatu perubahan yang signifikan dari hasil kerja civitas akademika Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi, baik karyawan maupun mahasiswa, alumni, dan pembimbing lahan saling bekerjasama mensukseskan Akreditasi ini.

Yang dimaksud dengan akreditasi adalah suatu kegiatan untuk menilai kelayakan suatu lembaga dalam melaksanakan fugsinya. Pengakuan terhadap kelayakan dapat ditunjukkan melalui perolehan sertifikat akreditasi.  Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pendidikan, Soedjiarto (2005) menyatakan bahwa akreditasi mengarah kepada terjaminnya setiap warga negara di manapun juga untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Selanjutnya dikatakan bahwa dari tujuan ini muncul keperluan adanya standar mutu untukdijadikan acuan.

Hari – hari ini sudah terpuaskan dengan hasil kineja bersama, tetapi hati masih berdebar–debar, dikarenakan waktu menunggu adalah waktu yang sangat merisaukan, apalagi menunggu hasil penilaian dari Majelis Kesehatan Pusat

Finally, tanggal 27 April 2017, hasil akreditasi untuk Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi dari LAM-PTKes adalah : B. Hasil yang sangat kita syukuri bersama segenap civitas Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi.

Terimakasih kepada semua yang terlibat dalam persiapan dan proses Akreditasi.

Bravo Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda
Masukkan Nama Anda